Sabtu, 23 November 2019

TIM

BantuViral kan dong 

Pemprov DKI ingin merubah TIM menjadi Hotel Luxury Bintang 5 yang menimbulkan Reaksi keras dari seniman Lintas Generasi yang sudah aktif di TIM sejak era Gubernur Ali Sadikin, bahkan Ahok berencana untuk memperbaiki TIM bukan merubahnya jadi Hotel Bintang 5

“INI PERAMPOKAN!”
(Dari Diskusi “PKJ-TIM Mau Dibawa Kemana?”, PDS HB Jassin, 20/11/2019)

“Taman Ismail Marzuki ini adalah rumah kita. Kita harus pertahankan! Bagaimana hubungannya, membangun kebudayaan dengan membangun hotel bintang lima di TIM ini. Itu kebudayaan Goblok! Sedangkal itukah pemahaman tentang kesenian dan kebudayaan? Yang terjadi sekarang adalah assanisasi terhadap kebudayaan. Terhadap ruang kesenian kita. Ya. Kalau begini, jangankan Gubernur, Presiden pun kita lawan! TIM dibangun untuk para seniman mengeluarkan kreasinya bukan buat rencana pemugaran berujung dibangunnya Hotel bintang Lima! Ini keterlaluan!” ujar Radhar Panca Dahana lantang, menyambut protes keras yang disuarakan para seniman pada pertemuan siang semalam, di PDS HB Jassin.

Pertemuan dengan pembicara Radhar Panca Dahana, Taufiq Ismail, Abdul Hadi WM, Taufik Azhar, anggota Komisi B DPRD DKI yang membidangi urusan ekonomi (bah, apa urusannya dengan TIM?), dan Dadang Solihin, Deputi Gubernur Jakarta bidang Budaya dan Pariwisata itu berlangsung panas. “Ini perampokan!” seseorang berteriak. 

Kemarahan para seniman tak terbendung. “Kami tidak butuh hotel apa pun di sini!”

Apalagi, Dadang Solihin yang dikirim mewakili Gubernur Anies Baswedan, yang baru dua bulan diangkat sebagai Deputi itu, ternyata tidak tahu apa-apa tentang persoalan yang merundung TIM. 

Tidak memahami suasana batin para seniman yang sudah berbulan-bulan memendam rasa sesak di hati, namun dengan enteng ia menggurui dengan menyebut-nyebut definisi pembangunan: ”Saudara-saudara, pembangunan itu adalah perubahan dari suatu keadaan..”. 

”Mana Pak Anies! Seharus dia yang bicara di sini!” seseorang menyergah. 

Yang lebih tolol lagi, ia malah menyebut-nyebut dirinya sebagai seorang rektor di salah satu PT swasta, dan tidak takut meski dihadang golok panjang sekali pun oleh jawara Banten! Agaknya, beliau mengira sedang berhadapan dengan para preman di ruangan yang disesaki para seniman dari berbagai elemen itu.

“Memasuki TIM dan melihat pagar-pagar putih di mana-mana, saya luarbiasa terkejut!” ujar Taufiq Ismail, dengan nada suara menahan emosi, mengawali kesaksiannya tentang sejarah berdirinya TIM. Pada beberapa bagian, ia berkisah dengan suara tercekat, dan menangis.

“Saya berterima kasih diundang dalam acara ini. Saya diundang oleh Fatin Hamama. Ketika tadi, melihat pagar-pagar putih di mana-mana, saya luar biasa terkejut! 

Saya terkenang apa yang terjadi 60 tahun yang lalu. Masa itu baru terjadi pergolakan luar biasa di negeri ini. Kita semua tahu itu. Dan  alhamdulillah, pemberontakan itu gagal. Kami semua, para seniman merasa sangat lega. Lalu, selanjutnya kami tertanya, bagaimana mengisi ibukota Republik ini. Dan kami berdiskusi tentang apa yang akan dibuat. Suatu ketika, kami melintas di jalan Cikini, di depan sana. Kami melihat binatang-binatang yang sedang dipindah dan diangkut ke Ragunan. Melihat itu, kami berseru: Naah, ini tempat kita! Ini tempat kita berkesenian! 

Buru-buru kami menemui Gubernur Ali Sadikin. Waktu itu, masih ada kandang-kandang binatang di tempat ini, kandang singa, kandang beruang, dan lain-lain.
Kami katakan, di Jakarta ini perlu sebuah pusat kesenian. Dulu kalau mau berpameran tempatnya di Balai Budaya, mau berpentas teater di di tempat lain. Dan sebagainya. Terpisah-pisah. Jadi, diperlukan sebuah tempat dengan macam-macam acara kesenian bisa diselenggarakan. 

Gubernur Ali Sadikin menyambutnya dengan baik. Kata Bang Ali: Usulan itu saya minta dituliskan. Lalu segeralah saat itu juga kami tuliskan di kertas folio,  satu setengah folio panjangnya. “Setuju!”, kata Bang Ali.

Teater Terbuka, Teater Tertutup, ramaiiii. Berjalan dua tahun, ee, devisit. Tekor. Kenapa? Padahal tiket-tiket sudah habis dijual. Tapi rupanya tidak cukup untuk membiayai kegiatan. Marah Ali Sadikin. Kami dipanggil. Nah. Kebetulan, waktu itu, saya membaca sepotong berita di koran New York Times. Diberitakan, Pusat Kesenian di New York melaporkan kegiatannya yang juga defisit, sampai sekitar 40%. Gubernur New York bilang, tidak apa-apa defisit. Memang begitu untuk urusan kesenian.

Saya bawa koran itu. Saya tunjukkan koran itu kepada Gubernur Ali. Ia baca satu kali. Dia baca dua kali. Akhirnya dia putuskan: “Ya. Sudah. TIM disubsidi!” Oo, luar biasa! Senang sekali hati kami. Alhamdulillah.

Itulah asal-usul mengapa Taman Ismail Marzuki ini ada. Saya beruntung, dikurniai usia lanjut oleh Allah. Kawan-kawan seniman yang  bergiat waktu itu, 99 orang telah meninggal. 

Saya merasa titik airmata saya.. (Taufiq Ismail terisak-isak). Goncangan besar bagi kita ini. Bagus itu, saudara-saudara marah-marah. Ini semua harus dilawan. Janganlah tidak berlanjut. Jangan sampai. Zaman saya sudah berbeda. Saya hanya bisa  berdoa. Membantu dengan doa..”

Ruangan pertemuan di PDS HB Jassin hening. Semua terdiam. Saya segera teringat Catatan Kebudayaan bertajuk “Penguasa, Politik, dan Seniman”, yang ditulis oleh Taufiq Ismail dalam majalah Horison edisi Juli Tahun 1968:

“Gubernur Ali Sadikin didepan budayawan2 Jakarta, 9 Mei 1968, menekankan bahwa ‘dalam pembinaan kehidupan kebudayaan diibukota yang akan datang ini, melalui Pusat Kebudayaan, politik tidak boleh lagi intervensi semacam dimasa pra-Gestapu’. Dengan demikian sesungguhnya Gubernur Jakarta Raya telah memperjelas tersingkapnya sebuah priode baru yang menyegarkan dalam kehidupan kulturil diibukota kita ini.

Sebagai seorang penguasa Ali Sadikin mengetahui dimana letak dia plus aparatnya dalam pembinaan sektor kebudayaan kota jutaan ini. Tugasnya, sebagaimana diucapkannya sendiri, adalah ‘menyediakan infra-struktur bagi kegiatan2 itu’. Konkritnya ialah mempersiapkan sebuah gugusan bangunan bernama Pusat Kesenian dikompleks bekas Garden Hall dan Kebun Binatang di jalan Cikini. 

‘Tetapi selanjutnya, bagaimana menghidupkan dan berkreasi didalamnya, itu adalah urusan saudara2 sendiri’. Ali Sadikin tidak punya pretensi penguasa yang paling tahu segalanya dan menekankan kemauan seleranya. Bahkan didalam penyusunan Dewan Kesenian, Gubernur tidak setuju menempatkan Dinas Kebudayaan D.C.I. yang adalah aparatnya sendiri. ‘Biarlah saudara2 yang betul-betul seniman kreatif mengisinya, saudara2 yang berkecimpung dalam hal ini tanpa makan gaji pemerintah, saudara2 yang benar-benar berkarya dibidang ini. Kami sebagai pamong bertugas mengadakan infra-strukturnya”. 

Yang menjadi persoalan ialah seperti pertanyaan yang diajukan oleh Abdul Hadi WM, salah seorang anggota Akademi Jakarta:  “Apakah nasi sudah jadi bubur? Kalau sudah jadi bubur, sekarang mau dibikin apa? Dulu ada Teater Arena, ada Wisma Seni, dan sebagainya. Ruang-ruang tempat para seniman akrab berdiskusi. Sebaiknya, kembalikanlah suasana seperti dulu..” 

Kuatir pertemuan itu, hanya menjadi formalitas tak bermakna, dan hotel berbintang lima akan tegak mengangkang di sana, dengan Poppy dan Sandra mendesah di sana, dan TIM dikelola dengan gaya hitung dagang bisnis ala Jakarta Propertindo atawa Jakpro, maka dicetuskanlah “Pernyataan Cikini”, yang ditandatangani oleh Radhar Panca Dahana dan seluruh seniman yang hadir dalam pertemuan itu. Pernyataan keras, semacam peringatan, yang dititipkan untuk disampaikan kepada Sang Gubernur.

PERNYATAAN CIKINI

Bersama ini, 
Kami seluruh seniman dan seniwati Taman Ismail Marzuki menyatakan dengan tegas 

MENOLAK:

1. Pelibatan Jakpro dalam mengurus atau mengembangkan seluruh fasilitas/isi kompleks Taman Ismail Marzuki.

2. Jika revitalisasi dalam bentuk apa pun tidak melibatkan secara langsung pendapat dan atau kerja para seniman dan seniwati yang ada di dalamnya.

3. Upaya pembangunan dalam ruang kebudayaan yang luas, termasuk membangun manusia unggul, tanpa pemahaman komprehensif dan sosialisasi di kalangan yang adekuat makna kebudayaan yang sebenarnya.

Jakarta, 20 Nopember 2019
Mewakili seluruh aktivis Taman Ismail Marzuki

Radhar Panca Dahana, 
(beserta seluruh seniman yang hadir di ruang PDS HB Jassin, al. Mogan Pasaribu, dkk. berikut tanda tangan masing-masing).

Menghadapi penghinaan ini, tak bisa tidak, bersatulah para seniman se-Jakarta! Dan jika masa depan TIM juga dianggap penting oleh para seniman di luar Jakarta, maka seruannya adalah: “Bersatulah para seniman se-Indonesia!”

Pidato pak menteri Nadeem 2019

PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PADA UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi dan salam kebajikan bagi kita semua,

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik.
Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Guru Indonesia yang tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit.

Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu Anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Anda frustasi karena Anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi.

Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambil langkah pertama.

Besok, di manapun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda.
- Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
- Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.
- Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
- Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
- Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

Selamat Hari Guru,

Mabuk Halal

*NEGERI MABUK HALAL DAN KORUPSI BERSYARIAH*

Oleh :
*Rudi S Kamri*

Syahdan di sebuah negeri yang indah yang terhampar di garis khatulistiwa. Ratusan juta penduduknya berserak di 7000 pulau. Dari berbagai etnis, agama dan bahasa. Sampai berulangtahun ke 60 kemerdekaan bangsa itu,  negeri itu berjalan rukun, toleran dan penuh kedamaian. Saat waktu berjalan cepat dan demokrasi menggeliat, muncullah berbagai keanehan di negeri tersebut. Di berbagai momentum muncullah para manipulator agama bak jamur di musim penghujan. Karena ada pembiaran dari negara para manipulator menjadi leluasa menguasai negeri.

Para manipulator agama itu cerdas melirik potensi rejeki dari para umat. Dakwah agama dijadikan sebuah industri. Para pendakwah agama meskipun bukan jebolan pesantren dan hanya belajar agama dari YouTube, mereka bisa percaya diri bermunculan secara instan dan mendadak jadi selebriti. 

Untuk menjadi pembeda dan agar disukai publik, penampilan mereka harus klimis. Kalau giginya terlanjur berantakan maka ceramahnya harus dibuat keras atau dibumbui ujaran kebencian terhadap pemerintah. Dalil pembenaran gampang dicari dan direkayasa karena mereka tahu jamaah mereka bodoh. Jadi mereka tahu pasti sajian apapun asal dikemas dengan bernas akan dilahap habis. Para pendakwah agama itu sejatinya seorang manipulator yang ulung. Agama yang seharusnya menjadi pencerah seketika diubah mereka menjadi alasan pemecah belah. Dengan cara itu mereka menjadi yang kaya raya.

Ada lagi komoditas yang menggiurkan yang bisa digarap oleh para manipulator agama, yaitu bisnis Sertifikat Halal. Bisnis industri raksasa dengan potensi omzet super jumbo. Puluhan tahun bisnis ini dimonopoli oleh organisasi ulama mereka yang sejatinya hanya kelompok ormas. Dengan bantuan agen para pendakwah agama, umat dan produsen ditakut-takuti sehingga istilah Halal seolah menjadi barang sakral. 

Produk dengan label halal menjadi produk bergengsi dan seolah dianggap sah untuk dinaikkan harganya. Karena pelaku industri tahu pasti untuk mendapatkan sertifikat HALAL memerlukan biaya yang sangat besar. Dan selama puluhan tahun semua uang triliunan itu masuk di kas kelompok ulama tersebut tanpa pernah ada laporan ke publik atau auditable. Dan ulama mereka juga menjadi kaya raya.

Dan yang orang lupa menelisik adalah bangkitnya industri raksasa pakaian bergaya Arab di negeri itu. Melalui para pendakwah yang menghalal-haramkan cara berbusana, para produsen busana halal versi mereka marak dan menangguk untung yang luar besar. Berbusana yang agamis saat ini telah menjelma menjadi sebuah gaya hidup yang dogmatis sekaligus hedonis. Dan secara perlahan berpotensi menggeser pakaian tradisi seperti kebaya dan berbusana anggun lainnya. 

Dan geliat industri pakaian bergaya Arab diikuti dengan produk lain seperti shampoo untuk rambut yang tertutup seharian. Apakah para pendakwah agama itu mendapatkan 'success fee' dari industri busana agamis ? Konon kabarnya iya tapi seperti buang angin, baunya nyata tapi bentuknya hanya fatamorgana.

Pendek kata para manipulator agama di negeri itu memaksakan diri mengubah agar negeri menjadi syar'i. Tapi penetapan syariah atau tidak harus dicari angle yang menguntungkan mereka secara finansial. Kalau tidak ada uangnya, biarkan saja. Termasuk korupsi atau maling uang rakyat, mereka bebas karena tidak ada pernyataan tegas dari kelompok manipulator agama. Mungkin bagi mereka korupsi boleh dilakukan asal dilakukan secara syariah. Apalagi kalau korupsi dilakukan secara syariah dan berjamaah. Sah sudah !!!

Di sisi lain beberapa kelompok orang tertentu sudah ditarik menjadi penganut madzhab Takfiri, mereka begitu mudah mencerca orang yang bukan bagian dari mereka sebagai kafir. Mereka sudah berani mengambil alih wewenang Tuhan. Merekapun juga begitu mudah mengiming-imingi surga dan ancaman api neraka. Mereka seolah telah ditunjuk Tuhan menjadi panitia hari kiamat.

Sampai kapan negeri aneh tersebut bisa bertahan, kalau negara seolah tidak pernah hadir untuk mencegah dan terus melakukan pembiaran ? Entahlah, yang jelas negeri syariah itu berjalan ke arah yang salah. Pemimpin negara asyik meningkatkan ekonomi dan teknologi, tapi membiarkan rakyatnya dikibuli dan dibodohi. 

Itu negeri antah berantah, bukan negeri Indonesia. Meskipun saat membaca ini saya seolah nyata dan ada di dalamnya. Ah jangan-jangan ini memang Indonesia ?
Entahlah.....

*Salam SATU Indonesia*
23112019